Menikmati Romansa Sunset Indah di Pantai Parangtritis

S EPUTARJOGJA.com |  Pantai Parangtritis merupakan kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya bagian paling selatan wilaya...

SEPUTARJOGJA.com | Pantai Parangtritis merupakan kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya bagian paling selatan wilayah D.I Yogyakarta. Hamparan pantai yang luas menambah pemandangan berbeda karakter pantai-pantai di Jogjakarta. Kalau Kabupaten Gunungkidul dengan dengan pantai kecilnya, kalau Pantai Parangtritis terkenal dengan hamparan pantai yang sangat luas. Mudah diakses karena menggunakan jalur transportasi jalan utama yang menghubungkan Pantai Parangtritis dengan Kota Jogja.

wisata pantai parangtritis jogja
Icon Pantai Parangtritis via Specindo.com

Belum banyak orang tahu bahwa di sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi peninggalan agama Hindu. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak di daerah pegunungan, Candi Gembirawati hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Untuk menuju candi ini, kita bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter. Uniknya candi ini hanya kecil, berupa batu yang berundak atau bertingkat tingkat masuk wilayah Kabupaten Gunungkidul. Sayup-sayup gemuruh ombak laut selatan yang ganas bisa terdengar dari candi ini.
Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Hotel Queen of the South adalah sebuah resort yang diberi nama sesuai legenda ini.

Ingin merasakan Romansa Sunset Indah di Parangtritis

Untuk merasakan momen indah ini jika berkendara menggunakan motor cukup membayar biaya retribusi karcis Rp5000 per orang, tergantung memakai kendaran pakai motor, mobil, atau bus. Ketika matahari sudah condong ke barat dan cuaca cerah, tibalah saatnya untuk bersenang-senang. Meskipun pengunjung dilarang berenang,Tempat parkir juga sangat luas, tinggal memilih saja karena ketika Anda memasuki kawasan Pantai Parangtritis sudah dilayani dibantu oleh tukar parkir.

Bisa juga bermain pasir di bibir Pantai Parangtritis, sekedar bermain pasir atau bermain sepak bola. Boleh juga untuk sekedar bermain berkawan berlarian mengejar ombak pantai. Ada juga tidak kekurangan sarana untuk having fun. Di pinggir pantai ada persewaan ATV (All-terrain Vehicle), tarifnya sekitar Rp. 50.000 - 100.000 per setengah jam. Masukkan persneling-nya lalu lepas kopling sambil menarik gas. Brrrrooom, motor segala medan beroda 4 ini akan melesat membawa Anda melintasi gundukan pasir pantai.

wisata pantai parangtritis jogja
Main ATV di Pantai Parangtritis Via Jurnalwisata.id

Baiklah, ATV mungkin hanya cocok untuk mereka yang berjiwa petualang. Pilihan lain adalah bendi. Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda 2 ini tak kalah menyenangkan. Bendi akan membawa kita ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Senja yang remang-remang dan bayangan matahari berwarna keemasan di permukaan air semakin membangkitkan suasana romantis.

Pantai Parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama keluarga. Bermain layang-layang bersama si kecil juga tak kalah menyenangkan. Angin laut yang kencang sangat membantu membuat layang-layang terbang tinggi, bahkan bila Anda belum pernah bermain layang-layang sekalipun.

Sambil menunggu sunset di Pantai Parangtritis Anda juga bisa memesan segarnya es kelapa muda. Langsung dinikmati dari buah kelapa yang hijau, yang dibelah langsung dari penjualnya. Dengan sedotan dan berada dihamparan pasir yang menyambut kaki, sambil menikmati sunset yang cantik di sebelah barat. #Sempurna

Masih enggan untuk pulang walau matahari sudah terbenam? Tak lama lagi beberapa penjual jagung bakar akan menggelar tikar di pinggir pantai, kita bisa nongkrong di sana hingga larut malam. Masih juga belum mau pulang? Jangan khawatir, di Pantai Parangtritis tersedia puluhan losmen dan penginapan dengan harga yang terjangkau.

wisata pantai parangtritis jogja
Sunset di Pantai Parangtritis via anekatempatwisata.com
SEPUTAR JOGJA  | Penulis: Dwi Pracaya  | Editor: Ahmad Syaiful Hidayat | Sumber: Aneka Wisatar

COMMENTS

Name

Dialektika Budaya,2,Event Jogja,3,Hitz Jogja,3,Jogja Terkini,2,
ltr
item
SEPUTAR JOGJA: Menikmati Romansa Sunset Indah di Pantai Parangtritis
Menikmati Romansa Sunset Indah di Pantai Parangtritis
https://2.bp.blogspot.com/-Tdc6ukmDnEs/WWEquHx98iI/AAAAAAAABys/nHv1tJIJXrMuW4H053hi55QTtswqjkBjQCLcBGAs/s400/parangtritis%2Bspecindo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Tdc6ukmDnEs/WWEquHx98iI/AAAAAAAABys/nHv1tJIJXrMuW4H053hi55QTtswqjkBjQCLcBGAs/s72-c/parangtritis%2Bspecindo.jpg
SEPUTAR JOGJA
http://www.seputarjogja.com/2017/07/menikmati-romansa-sunset-indah-di.html
http://www.seputarjogja.com/
http://www.seputarjogja.com/
http://www.seputarjogja.com/2017/07/menikmati-romansa-sunset-indah-di.html
true
5573859704601060092
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy